Ramadhan Penuh Hikmah




Ramadhan Penuh Hikmah

Bulan ramadhan memang merupakan bulan yang penuh hikmah, Bulan suci bagi ummat islam seluruh dunia. tidak di pungkiri bahwa bulan ramadhan terdapat banyak sekali manfaatnya bagi siapa yang memanfaatkan waktunya di bulan ini. adapun beberapa sejarah mengatakan bahwa turunya wahyu yang berkaitan dengan bulan ramadhan sangat pelik di perbincangkan untuk menjadi bahan acuan pembelajaran diri di kelak hari. Sebab - sebab turunnya wahyu tentang puasa khususnya di bulan yang penuh hikmah ini (ramadhan).Sebagaimana di dalam Al-Qur'an di katakan:

"Diwajibkan atas kamu berpuasa seperti orang - orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa"

Dalil ini benar adanya, sejarah mengatakan berpuasa wajib di bulan ramadhan dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah S.W.T. Di Tengah Pandemi Corona seperti zaman sekarang ini berpusa dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita menjadi kesehatan yang barakah khususnya meningkatkan ketaqwaan kita sebagai ummat manusia kepada sang pencipta.

Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal bila kita sadari, Terlebih  lagi pencegahan dari penyakit - penyakit di dalam tubuh kita. khusunya di negara - negara maju, puasa dapat meningkatkan kesehatan lahir maupun bathin bagi yang menjalankannya.

Seperti firman Allah di dalam kitab-NYA kita diciptakan untuk beribadah kepada Allah S.W.T.Di bulan yang penuh hikmah ini  terdapat banyak sekali ibadah yang dapat kita kerjakan baik siang maupun malam, baik sunnah maupun wajib, baik susah maupun mudah. ada suatu amalan yang sangat cemerlang sekali bila di amalkan untuk dipelajari di bulan yang penuh hikmah ini, yang sejarah mengatakan pahalanya seperti atau setara dengan seribu bulan. kesempatan-kesempatan inilah yang menjadikan kita menjadi hikmatif dibulan ramadhan yang penuh hikmah ini.

Bimbingan - bimbingan dalam bulan ramadhan yang penuh hikmah ini juga banyak sekali bila di laksanakan untuk sepatutnya dikerjakan dengan seksama. Menyempurnakan syahadat, Shalat, Berpuasa, Berzakat serta sadaqah, Umrah ataupun berhaji memang merupakan syarat rukun islam khususnya. (/has-alb)



Komentar

Postingan Populer